SAS In Action #32

SAS On Action #32 Kekuatan Yang Menguatkan

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

SAS On Action #32
(1/5/2016)
(Bojong, Karangasem, Imogiri, Bantul)

Adalah Pak Ridwan (40 tahun) yang menjadi Sahabat SAS kita kali ini. Beliau adalah seorang Bapak dengan dua orang anak. Cerita hidupnya yang sungguh penuh pengorbanan dan perjuanganlah yang akhirnya membawa kami menemui beliau. Membutuhkan kurang lebih waktu 45 menit dari Jogja untuk bisa sampai di rumah beliau. Jalan yang menanjak dan berliku semakin membuat perjalanan ini menorehkan makna tersendiri bagi kami. Sampai akhirnya, di sebuah desa yang masih asri, penuh dengan pohon pohon/ seperti hutan dan sangat jauh dari keramaian kota, kami sampai di tempat Pak Ridwan.

Beliau adalah seorang buruh serabutan. Beliau mempunyai dua orang anak laki-laki, yang pertama kelas 5 SD dan yang kedua kelas 1 SD. Sang istri, sudah satu tahun yang lalu meninggalkan beliau dan keluarga karena sakit kanker darah (leukimia).

Dari cerita yang kami dapatkan, sang istri (Almh Bu Ana) mengidap kanker sejak melahirkan anak kedua mereka, yakni pada tahun 2010. Ketika itu, gejala pusing, demam menyerang sang Ibu, lama kelamaan perut Bu Ana membesar layaknya orang hamil.

Lantas, oleh sang suami, Bu Ana dirujuk ke rumah sakit untuk ditindaklanjuti. Setelah diperiksa, bukan janinlah yang mengisi perut Bu Ana, namun gumpalan darah diakibatkan kanker darah yang menyerang. Tubuh tambun sang istri pun menyusut. Tubuh beliau menjadi kurus layu. Mulai dari peristiwa tersebut, segala jenis pengobatan telah diusahakan oleh keluarga. Mulai dari obat obatan medis sampai obat-obat herbal pun tak kuasa menyembuhkan Bu Ana dari kanker tersebut. Sampai akhirnya, 6 tahun berselang yakni pada tahun 2015, Bu Ana di panggil oleh Sang Khalik kembali ke pangkuanNya.

Keluarga sangat terpukul dengan kepergian salah satu matahari penguat keluarga kecil tersebut. Ketika ditanya, sang Bapak dengan bijak mengatakan bahwa setiap kita pasti mempunyai masalah dan ujian tersendiri dalam hidup. Tugas kita hanya berusaha dan pasrah akan segala ketentuanNya. Apalagi untuk kaum muda seperti kita, jadikan hal tersebut sebuah pembelajaran dan pengalaman yang berharga agar ke depan bisa lebih baik dan lebih bijak menyikapi hidup.

Wajah dan tutur kata lirih Pak Ridwan masih terekam jelas di benak kami. Ia yang kini tinggal di rumahnya yang berdinding bilik kayu, penerangan seadanya tanpa kursi atau sofa empuk, berjuang untuk kembali menata hidup walau bekerja serabutan demi menghidupi anak-anaknya. Ya, anak anak lah yang menjadi kekuatan Pak Ridwan dalam menjalani hidup. Membesarkan mereka sebaik mungkin walau tanpa kasih sayang seorang Ibu berharap agar mereka tumbuh menjadi anak anak yang sholih, bermanfaat dan sukses. Perjalanan masih panjang dan hidup harus terus berjalan.

Mari doakan semoga Pak Ridwan dan keluarga diberikan kekuatan menjalani hidup, kelancaran dan kebarokahan rizki serta keselamatan dunia akhirat Aamiin Aamiin Ya Robbal Alamin.

Terus ikuti perkembangan kami dan bergabunglah menjadi bagian dari Pejuang SAS.
F: Sedekah Apa Saja
T : @sedekahapasaja
ig : @sedekahapasaja
www.sedekahapasaja.com
Donasi : 709 011 4381 (Bank Syariah Mandiri an Ratih Kartika)
Konfirmasi: 089678829945

-Sedekah Apa Saja-
Bergerak, Berbagi, Menginspirasi

SAS In Action #32

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

Leave a Reply