SAS On Action #39

SAS In Action #39 : Sosok Ayah Dan Ibu Dalam Satu Raga

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

SAS In Action #39
(12/02/2016)
(Surokarsan, Tamansiswa, Yogyakarta)

Adalah Pak Ipung Purwanto (50 tahun) yang menjadi sahabat SAS kita kali ini. Beliau adalah ayah dari 5 orang anak. Anak yang pertama bernama Laras Lestari (kelas 2 SMK), anak yang kedua telah meninggal pada tahun 2006 ketika gempa Jogja, anak yang ketiga bernama Adri Purwanto (Kelas 1 SD), kemudian Ferdi Lilik Purwanto (TK) dan anak yang terakhir juga telah meninggal ketika bayi.

Pak Ipung bekerja sebagai kuli angkut di jasa angkut yang biasa kita temui di jalan-jalan, dengan penghasilan yang bisa dikatakan menengah ke bawah. Beliau tinggal di tempat yang kurang layak dikatakan sebagai rumah. Bisa dlihat di dalam foto keadaan rumah Pak Ipung. Satu lorong panjang yang di dalamnya ada kamar mandi, tempat tidur yang juga ruang tamu dan ruang TV. Tidak ada dapur dan rumah tersebut sangat memprihatinkan tingkat kebersihan dan tembok-temboknya pun juga sudah retak. Belum lagi ketika hujan, keluarga ini hanya bisa pasrah karena bocor dimana-dimana. Rumah yang sempit itu pun semakin terhimpit.

Istri Pak Ipung sudah lama meninggal. Dalam penuturannya, ketika baru melahirkan Almh. menderita penyakit chikunguya dan pernah menginjak air kencing tikus yang sudah kering sehingga terinfeksi sampai akhirnya tidak tertolong. Tidak lama setelah sang bayi meninggal, sang ibu pun menyusulnya.

Bayangkan, bagaimana perjuangan Pak Ipung beserta anak-anak. Beliau harus menjadi sosok ayah dan ibu yang bisa membimbing anak-anaknya agar bisa sukses di kemudian hari. Dalam penuturannya, Pak Ipung juga kadang tidak bisa mengontrol anak-anak karena terkadang beliau pulang larut karena harus mengantar barang-barang ke luar kota. Bayangkan membesarkan anak-anak tanpa seorang istri, bekerja keras ke sana kemari, betapa repot dan pusingnya.

Relawan SAS menyalurkan bantuan berupa uang tunai Rp 100.000, paket beras dan makanan untuk keluarga Pak Ipung.

Mari doakan semoga Pak Ipung dan keluarga diberikan kesehatan, kekuatan dan kelancaran rizki serta kekuatan iman dan Islam agar selalu berjalan di jalan lurusNya Aamiin Ya Robbal Alamin.

Terus ikuti perkembangan dan bergabunglah bersama kami
f : Sedekah Apa Saja
t: @sedekahapasaja
ig : @sedekahapasaja
Donasi : BSM no.rek 709 011 4381 (an Ratih Kartika) kode 451
SMS : 089678829945

Bergerak, Berbagi, Menginspirasi !!!

IMG-20160615-WA0016

IMG-20160615-WA0020

IMG-20160615-WA0021

IMG-20160615-WA0022

SAS On Action #39

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

Leave a Reply